Materi Pemrograman Dasar TOKI Training Gate Untuk Umum

Jika selama ini fellowship IA TOKI kebanyakan membahas hal-hal technical, yakni pengembangan Judgels, maka kali ini kami akan membahas sebuah hal yang bersifat scientific.

Apakah kalian…

  • (Calon) peserta OSK/OSP, ingin belajar pemrograman dari nol, tapi bingung harus mulai dari mana?
  • Pengajar peserta OSK/OSP, ingin mengajar pemrograman dasar ke adik-adik kelas, tapi bingung kurikulumnya bagaimana?
  • Seorang individu yang ingin belajar pemrograman dasar, untuk keperluan apapun?

Tak perlu bingung lagi! Ikatan Alumni TOKI menyadari akan kebutuhan tersebut, dan mulai tahun ini menginisiasi pembuatan kurikulum materi-materi pemrograman dasar, berbahasa Indonesia. Materi-materi ini disusun dalam bentuk slide-slide. Keuntungannya adalah:

  • Mudah digunakan untuk pengajar.
  • Enak digunakan untuk otodidak karena lebih menarik dibandingkan teks yang monoton.

Tunggu apalagi, segera download materi-materi tersebut di sini: https://github.com/ia-toki/training-gate-id.

Nantinya, materi-materi ini akan diintegrasikan pada aplikasi Judgels yang bertajuk Training Gate. Karena aplikasinya belum jadi, tidak ada salahnya kami berbagi materinya lebih dahulu.

Saat ini, baru terdapat kurikulum untuk pembelajaran pemrograman dasar (dan belum lengkap 100%). Rencana ke depannya adalah akan dibuat kurikulum lanjutan untuk competitive programming maupun software development. Untuk competitive programming, rencananya adalah membuat seluruh materi bahkan sampai Pelatnas. Sehingga, nantinya materi-materi Pelatnas dapat dinikmati semua orang :)

Kontributor utama dari materi-materi ini saat ini hanyalah William Gozali. Apakah Anda ingin berkontribusi juga? Silakan pelajari README pada repository GitHub tersebut untuk mengetahui skema kontribusinya.

Semoga materi-materi bermanfaat bagi kita semua! Materi-materi ini dibuka menggunakan lisensi Creative Commons. Kalian diperbolehkan menggunakan dengan tujuan apapun selama bukan komersil. Untuk lebih jelasnya, silakan baca subbab Lisensi pada README tersebut.

One thought on “Materi Pemrograman Dasar TOKI Training Gate Untuk Umum

Leave a Reply