It’s my turn now! Fellowship Gen 2?

Yap, mungkin dari beberapa dari kalian sudah tahu, kalau saya (Ali Jaya Meilio Lie), menjadi Fellowship di IA TOKI mulai dari bulan ini (Januari 2016) menggantikan Ashar dan Jordan yang menjadi Fellowship generasi sebelumnya.

Sambutan dari Brian Marshal :3
Sambutan dari Brian Marshal :3

Apa itu Fellowship?

Buat bagi yang belum tau *atau ketinggalan banget tentang IA TOKI*, Fellowship itu singkatnya kerja (paid monthly) di IA TOKI.

Kenapa ada Fellowship?

Karena biasanya kerjaan di IA TOKI itu volunteering based, jadi biasanya pada gak fokus. Ex: yang kuliah sibuk kuliah, yang kerja sibuk kerja, jadi semua kerjaan itu biasanya bersifat wacana dan akhirnya terlupakan, dan gak ada yang ngerjain.

Apa hasil dari Fellowship sebelumnya?

Penampakan Logo TLX
Penampakan Logo TLX
Foto Ashar (Nyolong dari FB)
Foto Ashar (Nyolong dari FB)
Foto Jordan (Nyolong dari FB)
Foto Jordan (Nyolong dari FB)

Yup, dua orang diatas yang menjadi Fellowship sebelum saya :3… dan hasil terbesar yang mereka buat adalah TLX sendiri. (kalau gak tau TLX keterlaluan, tapi ya sudah sekalian aku jelasin).

Apa itu TLX?

Penampakan TLX (Training Gate)
Penampakan TLX (Training Gate)

Jadi kebanyakan orang lebih mengetahui adik kecil dari TLX yaitu TLC (atau tokilearning.org), dan buat yang dedengkotan pasti mengenal yang lebih jadul lagi yaitu Ranau (ingat? website halaman putih teks biru doang :v).

Jadi bisa dibilang TLX ini adalah upgrade-an dari TLC (yang which is upgrade-an dari Ranau).

Trus kenapa TLC butuh diupdate? Bukannya masih fine-fine aja? Well, kata dari saksi hidup yang mengerjakan TLX, katanya TLC susah dimaintain (either itu kodenya gak rapih, atau memang arsitekturnya yang susah di extend). Dan jadilah TLX.

Trus kerjaan saya apa sekarang?

Apakah melanjutkan developmen TLX? Well sayangnya tidak. Setelah didiskusikan, saya akan memegang job yang lumayan icky bagi kalangan developer… yaitu dari sisi management nya. Karena ini komunitas yang lumayan gede, dan komunitas harus diurus, dan event harus dijalankan, dan wacana harus direalisasikan, saya, Ali Jaya Meilio Lie, akan mengorbankan 6 bulan saya (sebelum saya melanjutkan studi) untuk mengurus hal itu semua.

Jadi in general… kerjaan saya di Fellowship:

  • Community Manager / Human Resource Management
  • Event Organizer
  • Project Manager
  • Menghadiri Meeting
  • Nulis Notulen Rapat
  • Nulis Blog
  • Ngawasin Perkembangan TLX itu sendiri
  • Sebagai liason ke Pembina TOKI
  • Tim anti wacana
  • Ngingetin Brian bayarin utang – utang, janji maupun materi (ngeliat nasib Ashar dan Jordan) (inside joke mode : on)

Yap itu dulu untuk sekarang

Mungkin sekarang kalian butuh sering – sering ngecek ini blog, masukan ke dalam rss feed kalian, karena saya menargetkan satu post per minggu :D.

Ciao~…

Leave a Reply