APIO 2016 dan Top 4 TOKI 2016

Setelah beberapa blog post terakhir membahas masalah perkembangan dari IA-TOKI, blog post kali ini akan membahas update dari TOKI.

Setelah mengikuti Singapore NOI 2016, 9 besar TOKI 2016 kembali ke Indonesia untuk mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) TOKI 2016 Tahap Ketiga, yang dimulai pada tanggal 18 April yang lalu. Pada pelatnas ini, ke-sembilan peserta ini mendapatkan pelatihan sekaligus seleksi untuk dipilih 4 besar yang nantinya akan menjadi wakil Indonesia untuk mengikuti International Olympiad in Informatics (IOI) 2016 yang akan berlangsung di Kazan, Rusia pada tanggal 12 – 19 Agustus yang akan datang.

Salah satu kegiatan pada pelatnas 3 tahun ini adalah Asia-Pacific Informatics Olympiad (APIO) 2016, yang diselenggarakan oleh negara Korea Selatan pada hari Sabtu yang lalu. APIO 2016 diikuti oleh 1101 peserta dari 30 negara, dimana Indonesia adalah salah satunya. Seluruh peserta pelatnas 3 diwajibkan mengikuti APIO 2016 ini karena nilainya akan menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk memilih 4 besar. Setelah perjuangan yang keras dalam mengerjakan 3 soal susah yang dipersiapkan oleh panitia APIO, tim Indonesia berhasil mendapatkan 1 medali perunggu pada APIO 2016 yang diperoleh Kwee Lung Sin. Perolehan 1 medali perunggu pada APIO sebenarnya merupakan penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana tim Indonesia selalu mendapatkan setidaknya satu medali perak pada APIO sejak 2011. Marilah kita berharap agar kita akan mendapatkan hasil yang lebih baik pada IOI nanti.

Selain APIO, para peserta pelatnas 3 juga mengerjakan soal kuis dan simulasi yang dipersiapkan oleh para alumni TOKI. Setelah proses seleksi yang panjang, hasil penilaian pelatnas yang terdiri dari latihan, repeating, kuis, simulasi, APIO, dan NOI menghasilkan 4 siswa/i terbaik di Indonesia. Keempat peserta tersebut adalah :

1. Sergio Vieri

Sergio adalah siswa kelas XI yang saat ini bersekolah di SMA Intan Permata Hati Surabaya. Kemampuan Sergio memang sudah tidak diragukan lagi. Dimulai dari OSN 2015, Sergio sudah menunjukan kemampuannya dengan meraih peringkat pertama. Sergio juga mendapatkan penghargaan sebagai peserta tamu luar negeri dengan nilai tertinggi pada NOI 2016 yang lalu. Sergio juga adalah peserta pelatnas 3 TOKI tahun lalu, namun belum berhasil mewakili Indonesia pada IOI tahun lalu. Namun, dia berhasil menunjukan bahwa kegagalannya pada pelatnas tahun lalu sebenarnya hanyalah kesuksesan yang tertunda.

2. Stacia Edina Johanna

Stacia adalah siswi yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMA nya di SMA Kristen Petra 3 Surabaya. Kemampuan Stacia juga sudah tidak diragukan lagi. Sejak tahun lalu, Stacia sudah merupakan salah satu dari empat besar TOKI 2015 yang mewakili Indonesia pada IOI 2015 di Almaty, Kazakhstan. Sayangnya, Stacia tahun lalu belum berhasil mendapatkan medali untuk Indonesia. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Stacia mengalami banyak perkembangan selama setahun terakhir ini dan tentunya tahun ini dia bisa mendapatkan hasil yang lebih baik untuk Indonesia.

3. Kwee Lung Sin

Lung Sin adalah siswa kelas XI yang saat ini bersekolah di SMA Karang Turi Semarang. Lung Sin adalah satu-satunya dari empat besar yang tidak mengikuti Pelatnas tahun lalu. Namun, hal itu tidak menyebabkan dirinya kurang percaya diri dan kurang berpengalaman. Dia berhasil membuktikannya dengan mengalahkan beberapa teman-temannya yang merupakan veteran pelatnas tahun lalu. Dia juga membuktikan kemampuannya dengan mendapatkan medali tunggal untuk Indonesia pada APIO 2016.

4. Muhammad Yusuf Sholeh

Yusuf, yang sering dipanggil dengan sapaan Ucup, adalah siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMA nya di SMA Al Irsyad Purwokerto. Sama seperti Sergio, Ucup merupakan peserta pelatnas yang belum berhasil mewakili Indonesia menuju IOI tahun lalu. Namun, hal itu membuatnya bangkit dari kegagalan dan tahun ini dia berhasil membuktikan bahwa dia sebenarnya layak mewakili Indonesia pada IOI. Pada setiap unsur penilaian pelatnas, Ucup hampir selalu berada di peringkat empat teratas. Performanya yang stabil pada pelatnas 3 ini membantunya dalam mendapatkan tiket menuju IOI 2016.

Empat besar TOKI 2016. Dari kiri ke kanan : Stacia, Lung Sin, Ucup, Sergio
Empat besar TOKI 2016. Dari kiri ke kanan : Stacia, Lung Sin, Ucup, Sergio

Demikian profil singkat dari keempat besar TOKI 2016 yang akan mewakili Indonesia dalam IOI 2016. Keempat peserta ini akan dipulangkan dan diistirahatkan untuk beberapa waktu setelah mengikuti pelatnas 3 yang cukup melelahkan. Namun, mereka nantinya akan mengikuti satu tahap pelatnas lagi, yaitu Pelatnas 4 yang merupakan pemantapan sebelum berangkat ke Rusia. Marilah kita semua berdoa dan berharap untuk keempat peserta ini agar mereka semua bisa mendapatkan hasil yang terbaik pada IOI nanti. Go Get Golds!!


Tim Olimpiade Komputer Indonesia 2016

One thought on “APIO 2016 dan Top 4 TOKI 2016

Leave a Reply