Update So Far

Ouuuukay…

Sorry menghilang beberapa saat m(_ _)m (karena kesibukan dan segala macamnya), untungnya kita ada Author baru di blog ini yaitu William Gozali yang menyampaikan beberapa progress terkait Materi di TLX.

Yap you heard it right… we have something new here… not stagnant… definitely not… I hope not…

Materi TLX Baru :3

download (1)Yap… jadi si Gozali, bapak penulis materi dunia (edit: katanya disuruh disebut kontributor materi saja) :v… sekaligus penulis materi TLX yang awal2 sendirian… pas TOKI Camp mengajak para pengikutnya untuk menulis materi selanjutnya… Jika kalian merasa materi yang sebelumnya terlalu cupu / basic, sekarang coba materi baru yang ditulis ini.

Mungkin kalian para veteran sudah pernah melihat materi ini…

Ah ini kan soal – soal Training Gate lama! Kok males banget buatnya?

— Anonymous —

Yap… untuk soalnya kita comot – comot dari Training Gate lama, tetapi Training Gate lama tidak terlalu banyak materi atau slide untuk membantu mengerjakan program… Tetapi sekarang ada… Yay \ :v /… Jadi soal yang dulunya hell how the heck… sekarang jadi less hell how the heck… Dulu yang butuh orang lain untuk menjelaskan, sekarang ada slidenya jadi bisa dibaca :3…

Dan tentu saja… Untuk bisa berhasil di OSN, inilah materi yang dilombakan, jadi menguasai materi ini adalah syarat untuk menjadi medalis… Jadi… silahkan di icip – icip.

Silahkan liat di sini untuk post original dari Wilgoz.

Migrasi Soal Training Gate TLC

download
Yap jadi kita telah sukses memigrasikan soal TLC dan akan uhuk sebentar lagi uhuk menutup TLC…

.

.

.

Setelah kita telah memindahkan semua soal termasuk soal kompetisi…

Soalnya bisa dilihat di sini btw…

Tentu masih belum sempurna proses migrasinya, saya yakin masih ada test case yang salah… karena itu kami crowd source nge debugnya… jika kalian ada merasa testcase yang salah walaupun ngerasa program anda benar… silahkan laporkan di kolom komentar.

We Have Donation Page

Voila_Capture 2016-03-30_5-07-33_pmOukay… Aku lupa sudah ngabarin ini atau belum… tetapi kita sudah ada donation page… yang menggunakan platform online shop ._., yaitu Sirclo (yang foundernya salah satu alumni TOKI juga… yang namanya terkenal atas suatu konstanta tertentu seperti bilangan Avogadro, you know who).

Jadi bisa diakses di donation.ia-toki.org

Sepertinya bakal diganti namanya bukan jadi donation, tapi jadi store… karena kita bakal menjual pernak – pernik karena ia-toki kekurangan uang kas orz…

Gak dink… karena kita mau menyewakan TLX, support TLX, ngajar (kita ceritanya mau jadi rivalnya ruangguru :v), buat soal dll… jadi lebih ke jasa… daripada barang… ._. (but now I think about it… kalau gua jualan kaos osn / pelatnas gua, kira2 ada yang mau gak ya? :v)

Well intinya kalau kalian ingin kasih donasi ke ia-toki bisa lewat situ :D… Tapi confirmation paymentnya masih blom bisa otomatis, karena belum memakai payment gateway (jadi baru bisa pakai transfer antar bank). Kenapa? Karena paperworknya IA TOKI masih belum kelar ._., jadi gak bisa pakai jasa seperti Doku.

Now We Sell Something…

Coz that hosting is effin pricey~…

Yap karena gak mau bangkrut (walaupun kita non-profit bukan berarti kita ada duit buat dihambur2in ==a), kita membuka Badan Usaha (bener gak nih istilahnya?).

Jadi sebenernya bukan sell, tapi lebih ke offering service. Sudah saya sebarkan di kalangan internal IA TOKI, tetapi belum di publikasikan ke masyarakat luas (dan belum di publikasikan ke group Olimpiade Informatika, karena hati gua masih belum siap).

Jadi… kita menawarkan dari penyewaan TLX, support TLX, buat soal, ngajar (serasa dejavu). Dan ketentuan dan regulasi dsb dst bisa dibaca di dokumen berikut

Dan tentunya akan sering diamandemen, ntah itu perubahan harga atau perubahan ketentuan… Untuk link fix di website nanti saya buat pas hati saya sudah siap <3

TOKI Book

Voila_Capture 2016-03-30_5-06-42_pm

Yap… you read it right… TOKI Book! Wacana dari segala hal wacana yang saya harap gak jadi wacana lagi.

Jadi dahulu kala, ada seorang alumni / pembina yang ingin membuat TOKI Book, yaitu sebuah buku pegangan yang menemani para peserta olimpiade menuju OSN dan mendapat medali… Progress berjalan… sampai suatu hari negara api menyerang… dan wacana tinggalah wacana.

Dan saya sebagai necromancer membangkitkan wacana itu kembali huahahaha….

Tapi kan Gozali udah ngebuat slide di TLX? Ada yang gratis ngapain bayar buat beli buku?

You don’t need to reinvent the wheel!

— Anonymous —

Oukay… There there… Kalau gitu silahkan baca langsung Competitive Programming by Steven Halim & Felix Halim, atau Introduction to Algorithm. I’m sure you are good with English and pro~…

… (speechless to the comment of Almighty Ali)

— Anonymous —

Ok… the thing is… Kalau baru mulai OSK atau OSP dan disuguhkan materi yang bahkan guru SMA kalian saja tidak bisa ngajar, sama aja boong kan?

Bukan rahasia umum kalau soal OSK dan OSP itu jauh berbeda dengan soal OSN. Orang yang jago matematika di OSK dan OSP belum tentu bisa programming dan ujung2nya bengong pas OSN, begitu juga orang yang jago programming belum tentu bisa jago matematika di OSK dan OSP.

Nah… Untuk bagian programming dan melatih implementasinya kalian bisa mencoba materi yang dibuat oleh Gozali di Training Gate. Tetapi untuk memperkuat konsep, teori, ide abstrak, tanpa implementasi, inilah yang akan disuguhkan oleh buku ini.

Jadi buku ini akan memperkuat dasar – dasar teori kalian (yang dilombakan di OSK dan OSP), kemudian dari situ kalian juga harus memperkuat skill implementasi kalian di Training Gate.

Jadi sneak peek dari buku ini adalah… there’s a lot math going on there… Tapi akan saya coba membuat bahasanya menjadi mudah dimengerti dan tentunya ditambah dengan ilustrasi. Masih dalam tahap pertimbangan apakah saya akan menggunakan bahasa super informal saya (so much fun) atau menggunakan bahasa baku (more professional).

Penutup

Jadi baru segitu update-nya… maaf lama gak nulis lagi di blog (karena satu dan lain hal)…

And… Au revoir~…

Leave a Reply